Jumat, 16 Oktober 2015

Kama bhumi

Kama bhumi dimana alam kehidupan yg penuh dengan nafsu indria dan masih terikat dgn panca indra, Dalam tiga puluh satu alam kehidupan terdapat satu kelompok alam yang disebut Kama Bhumi. Kama Bhumi adalah alam kehidupan yang makhluk-makhluknya masih senang dengan nafsu indera dan terikat dengan panca indera. Pada umumnya makhluk-makhluk yang berdiam di Kama Bhumi ini masihsuka menikmati kesenangan-kesenangan duniawi. Misalnya, makhluk yang berdiam di Manussa Bhumi itu masih memiliki nafsu. Namun, mereka kadang-kadang kecewa bila nafsu nya tdk trcapai. Mereka kadang-kadang sedih bila pesta usai, perpisahan,bila perjalanan ke tempat-tempat rekreasi berakhir, dan lain-lain. Kadang mereka merasakan senang,gembira,puas bila mana tercapai apa yg diinginkan. Dengan demikian, kesenangan-kesenangan duniawi itu bersifat tidak kekal. Oleh sebab itu, makhluk-makhluk yang berdiam di Kama Bhumi harus menyadari hakekat hidup dan kehidupan ini dengan sewajarnya. Selanjutnya, mereka harus berusaha mempraktekkan ajaran-ajaran Sang Buddha dalam kehidupannya sehari-hari, agar mereka dapat terbebas dari kekecewaan, ketidakpuasan, atau dukkha.

Dari uraian tersebut jelaslah bahwa di alam semesta ini terdapat juga makhluk-makhluk yang masih memiliki nafsu indera. Mereka berdiam di Kama Bhumi.
Kama Bhumi terbagi 11 alam kehidupan, yang dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu :

A. Apaya Bhumi atau Duggati Bhumi, yang terdiri atas empat alam.
   
     1. Niraya Bhumi atau alam neraka.

     2. Peta Bhumi atau alam setan.

     3. Asurakaya Bhumi atau alam raksasa asura.

     4. Tiracchana Bhumi atau alam binatang.



B. Kamasugati Bhumi, yang terdiri atas tujuh alam.

    1. Manussa Bhumi atau alam manusia, yang terdiri
        atas satu alam.

    2. Deva Bhumi atau alam dewa, yang terdiri atas enam alam.

Demikian penjelasan tentang KAMABHUMI yg merupakan salah satu   kelompok alam dari 31 alam kehidupan ,yg trbagi mnjd 11 alam.
Sementara artikel ini sampai disini dulu,maklumlah..mataku sudah 5 watt da mulai muram 😩.


Tidak ada komentar: